Ada "Kampung Inggris" di Pedalaman Kolaka Utara - Diam Bersuara
Headlines News :
Home » » Ada "Kampung Inggris" di Pedalaman Kolaka Utara

Ada "Kampung Inggris" di Pedalaman Kolaka Utara

Written By Fitra on Thursday, May 30, 2013 | 21:39




KOLAKA UTARA,KOMPAS.com - Ada sebuah desa terpencil di Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara yang mendapat julukan "Kampung Inggris". Desa Raoda letaknya di puncak gunung yang terkesan jauh dari pendidikan bahasa Inggris. Namun justru di desa inilah program pembelajaran bahasa Inggris berkembang pesat sehingga lama-lama daerah tersebut terkenal sebagai "Kampung Inggris". Saat hendak memasuki desa ini, terpampang tulisan
"Welcome To Desa Raoda, North Kolaka" dengan huruf besar di sebuah papan berukuran sebesar meja belajar. Papan nama ini dipajang persis di atas teras jembatan masuk ke Desa Raoda, Kolaka Utara. Desa ini merupakan daerah pamekaran di Kecamatan Lambai pada tahun 2004.
Desa Raoda dikenal sebagai "Kampung Inggris" pada tahun 2012. Awalnya seorang pemuda bernama Akbar bersama rekan-rekannya sealumni salah satu perguruan tinggi di Sulawesi Tenggara mengabdikan diri sebagai tenaga pengajar relawan di desa tersebut. Mereka mengajarkan bahasa Inggris kepada warga, terutama siswa SMP dan SD.
"Kami mempunyai visi dan misi yang sama serta membangun komitmen dengan kepala desa setempat untuk menjadikan daerah yang terpencil ini sebagai kampung Inggris. Kegiatan belajar dan mengajar kami didukung sepenuhnya oleh kepala Desa Raoda. Pemerintah desa telah membebaskan lahan khusus untuk menjadi pusat pengembangan pembelajaran bahasa Inggris. Dukungan kepala desa semua disediakan, makanya kami juga semangat untuk mengembangkan daerah Raoda," beber Akbar, Selasa (23/04/2013).
Kini sepanjang jalan di Desa Raoda terlihat jelas berbagai tulisan dan kata-kata bijak dengan bahasa Inggris. Tulisan itu dibuat agar warga terbiasa menggunakan bahasa Inggris.
Sementara itu para pendidik di "Kampung Inggris" tersebut terdiri dari Akbar, Alea, Kamal, Rira dan Widar. Mereka semua rela mendaki gunung demi mengembangkan bahasa Inggris di pedalaman Kolaka Utara. Para relawan ini pun ternyata mempunyai target, yakni pada tahun 2013 pendidikan bahasa Inggris menyebar ke tiga desa sekitar Desa Raoda. 

Sumber : http://regional.kompas.com/read/2013/04/23/21123514/Ada.Kampung.Inggris.di.Pedalaman.Kolaka.Utara.

Share this article :

0 Tanggapan:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Translate

Cari Di Blog Ini

 
Di Dukung Oleh : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Diam Bersuara - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template